9 Cara Optimasi Kecepatan Loading Blog Paling Ampuh

Jagoandzgn.com - Dalam kecepatan suatu loading blog adalah salah satu faktor dalam On-Page SEO yang nantinya akan berpengaruh pada rangking blog kamu, didalam algoritma terbaru Google, Kecepatan loading adalah salah satu faktor yang sangat penting dikarenakan berkaitan langsung dengan user experience yang belakangan ini memang makin diutamakan oleh google.


Didalam pertarungan dunia blogger, kita sangat berpengaruh dalam hal SEO dan kecepatan blog, Hal penting yang harud dilakukan adalah mencheck 2 Hal yang bisa membuat pengunjung tidak merasa bosan saat mengunjungi blog kamu. Hal ini juga yang memungkinkan adanya update algoritma kemarin, yang secara khusus mengutamakan web-web yang sudah support mobile friendly untuk ditampilkan dihalaman mobile.

Keuntungan Mempunyai Kecepatan Blog yang Baik

Ada banyak sekali kuntungan mempunya kecepatan blog yang baik, salah satunya adalah membuat pengunjung merasa betah berlama-lama diblog kamu sehingga mereka mengurangi bounce rate, Membuat mesih pencarian menyukai blog kamu dikarenakan kecepatan loading yang sangat cepat. Seperti yang diketahui saat ini kecepatan pemuatan didalam sebuah situs sudah menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi SEO loh.

9 Cara Optimasi Kecepatan Loading Blog Paling Ampuh

Berikut adalah beberap cara yang bisa kamu terapkan untuk mempercepat loading blog kamu da membuat skor loading menjadi bagus di GTMetrix, Google Pagespeed Insight, dan Test my site.

#1. Menonaktifkan Navbar

Selain memberatkan proses loading blog, navbar ini juga tidak memiliki fungsi yang sangat penting di blog kamu, berbeda dengan hal yang anda gunakan merupakan suatu template default blogger seperti PT.Keren Sekali, maka Navbar akan berperan sangar penting oleh karena itu lebih baik kamu matikan fitur tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Silahkan kamu buka dashboard terlebih dahulu.
  • klik Menu Tata Letak.
  • selanjutnya, Pilih Widget Navbar.
  • Pilih matikan navbar paling bawah.
  • Selesai.

#2. Menghapus Gambar Thumbnail Postingan di Homepage

Cara berikut ini diharapkan kamu harus teliti dan benar agar tidak mengalami kesalahan atau error didalam kode. Berikut adalah cara menghapus gambar thumbnail postingan di homepage :

1. Silahkan kamu login ke blogger.com dengan Gmail kamu.


2. Masuk ke menu TEMA > Edit HTML
3. Hapus kode dibawah ini :

<b:include data='post' name='postthumbnail'/>

4. Kalau sudah, silahkan cari kode CSS berikut ini :

info-1, .info-2, h2.post-title, .post-snippet {
margin-left: 275px;
}

5. Silahkan hapus kode tadi, dan ganti dengan kode CSS berikut ini :

.info-1, .info-2, h2.post-title, .post-snippet {
margin-left: 0px !important;
}

6. Silahkan klik SIMPAN dan Selesai.

#3. Menghapus Fitur Numbered Page Navigation

Dalam Numbered Page Navigation merupakan sebuah fitur untuk memudahkan kita dalam membuka halaman dari setiap postingan dan artikel yang ada di blog kita, Namun sayangnya fitur ini hanya dibuat menggunakan Javascript. Dimana kode sejenis Javascript ini hanya dapat membuat loading blog kita menjadi berat, Oleh karena itu agar lebih ringan lebih baik kita akan menghapusnya dan mengganti dengan Page Navigation default bawaan blogger.

Berikut ini adalah cara menghapus fitur Numbered Page Navigation, sebagai berikut :

1. Buka menu TEMA > Edit HTML.
2. Selanjutnya silahkan cari kode JS berikut ini :

var numberedPagination = true

3. Silahkan kamu ganti true dengan false
4. Klik SIMPAN dan Selesai.

#4. Memasang Fitur Load More

Fitur Load More ini adalah sebuah fitur pengganti terbaik untuk sebuah numbered page navigation maupun tombol page navigation bawaan blogger. Selain ringan, dengan menggunaan fitur ini mampu mengurangi sejumlah Bounce Rate dari situs anda.

Baca Disini : Cara Memasang Fitur Load More di Blogger

#5. Menghapus Thumbnail Pada Widget Popular Post

Didalam Sebuah gambar yang ada di widget postingan populer ini memang sangat membuatnya terlihat lebih menarik, namun asal kamu tahu bahwa itu hanyalah membuat loading blog anda bertambah berat dikarenakan terdapat foto didalam Popular post tersebut, Oleh karena itu kita menghapusnya dengan cara berikut.

Berikut adalah Cara Menghapus Thumbnail Pada Widget Popular Post, sebagai berikut :
  • Masuk ke menu Tata Letak.
  • Selanjutnya pilih Postingan Popular post di widget.
  • Silahkan kamu Hapus Centang pada pilihan Thumbnail seperti gambar berikut.


  • Lalu Klik SIMPAN dan Selesai.

#6. Memasang Expired Header

Expired Header ini pada dasarnya hanya berfungsi untuk menyimpan cache pada browser kita sehingga saat seorang pengunjung membuka blog kita untuk kesekian kalinya, mereka bisa memuat dalam waktu cepat. Karena fitur ini bekerja dengan menyimpan cache dari file seperti CSS,HTML,JS,JPG.PNG,ico dan file lain yang terdapat di blog kita.


#7. Mengoptimalkan Gambar

Pilih format file gambar yang sangat ringan dan pastinya padat, contohnya sebagai berikut :
  • Sebaiknya gunakan PNG untuk gambar tangkapan layar / screenshoot.
  • Gunakan JPG untuk semua gambar bergaya fotografi.
  • Gunakan GIF untuk gambar grafik sederhana atau sangat kecil (misalnya kurang dari 10×10 piksel, atau palet warna yang kurang dari 3 warna) dan untuk gambar yang bergerak.

#8. Compress Image

Gunakan alat kompresi gambar untuk meminimalkan ukuran gambar tanpa mempengaruhi kualitas tampilan secara signifikan. Hal ini dapat mempercepat waktu pengunduhan gambar, sekaligus menghemat jumlah data yang digunakan pengunjung. Saya biasa menggunakan layanan kompresi gambar Online dari compressjpeg.com. di sana tersedia alat untuk kompresi gambar JPG / PNG dan fitur untuk mengubah format file gambar.

Hindari penggunaan gambar sebagai background blog / web, cukup gunakan warna sebagai background.

#9. Hapus Kode JavaScript, CSS, HTML yang tidak Penting

Hapus kode Javascript, CSS, dan HTML yang dirasa kurang perlu. Periksalah kode Javascript atau CSS pada template blog untuk memastikan tidak ada duplikasi kode yang dapat memperlambat loading blog. Anda juga dapat menggunakan tool compressor kode HTML untuk memperkecil ukuran kode, namun sebakinya Anda backup terlebih dahulu karena kompresi kode HTML memungkinkan terjadinya kode error.

PENUTUP

Nah, begitulah cara Cara Lengkap Optimasi Kecepatan Loading Blog di Blogger Super Efektif. Gimana udah ada perubahan kan ? cukup sampai disini artikel kali ini apabila kamu ada kendala silahkan komentar di kolom komentar dibawah artikel ini.
Seorang yang memiliki kepribadian yang menyendiri, tanpa mengenal dunia luar hanya melalui dunia online.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Tampilkan Komentar
    Sembunyikan Komentar

    Belum ada Komentar

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel