Cara Mengatasi Tunda Gambar di Balik Layar di PageSpeed Insight

Jagoandzgn.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah tutorial bagaimana cara meningkatkan sebuah kecepatan blog dan meningkatkan score pagespeed insight Google dengan menghilangkan pesan tunda gambar dibalik layar blog. Salah satu tools yang sering digunakan oleh para blogger untuk melihat skor dan kecepatan loading blog mereka adalah dengan menggunakan alat bantu yang dibuat oleh Google yaitu PageSpeed Insights.


Didalam tools tersebut kita dapat melihat score dan hal apa saja yang dapat membuat blog menjadi lebih lambat, Salah satu pesan peluang mempercepat pemuatan halaman yang  biasa kita lihat adalah tunda gambar layar. Sebenarnya maksud pesan tersebut adalah kita harus menunda gambar dihalaman postingan atau dihalaman homepage dengan memperkecil ukuran gambar yang kita gunakan untuk meningkatkan score kita.

Cara Mengatasi Gambar di Balik Layar pada PageSpeed Insights di Blog

1. Memperkecil Ukuran Gambar
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memperkecil ukuran dan size gambar untuk posringan blog. Format yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan format JPEG, GIF atau PNG. Berdasarkan eksperiment yang sudah diteliti sebaiknya menggunakan gambar dengan ukuran dibawah 12KB. Agar gambar menjadi tidak pecah saat gambar mengecil dengan menggunakan format PNG.
  • Format GIF dan PNG : Jika kalian memiliki gambar hasil screenshot atau vektor, sebaiknya gunakan gambar dengan format GIF atau PNG. Biasanya gambar dengan format png memiliki ukuran yang lebih kecil, bahkan hasil kompresi gambar dengan kedua format tersebut tidak merubah visual atau tidak membuat gambarnya menjadi pecah. Saya sendiri selalu menggunakan gambar dengan format png ini karena bisa di diperkecil bahkan sampai 4kb tanpa merusak tampilan gambar
  • Format JPEG : Hasil foto dari kamera atau gambar full color biasanya menggunakan gambar dengan format jpeg, format ini biasa memiliki ukuran yang lebih besar namun jika dikompresi bisa 10 kali lebih besar daripada png. Namun yang menjadi masalah adalah gambar dengan jpeg jika diperkecil biasanya akan mengurangi kualitas gambar apalagi harus diperkecil sampai 12kb, mungkin gambarnya akan menjadi pecah bahkan tidak jelas. Untuk mengatasi hal tersebut saya punya solusi yang lebih tepat yaitu dengan cara kedua ini.

2. Tunda Gambar di Balik layar
Untuk menunda gambar dibalik latar adalah dengan memanfaatkan script lazy load yang sudah saya share di postingan sebelumnya. Dengan cara ini menurut saya cukup ampun untuk meningkatkan kecepatan loading blog. Biasanya script ini adalah memuat halaman blog tanpa gambar terlebih dahulu sebelum kamu mengscroll halaman situs kau. Jadi gambar akan dimuat ketika pengunjung menggulir artikel kamu kebawah.

Baca Juga : Cara Mempercepat Blog Dengan Lazy Load Image Slash di Blogger

3. Mengcompress Gambar
Dengan memanfaatkan sebuah website untuk mengcompress gambar dan memperkecil size gambar, kamu bisa mencari web untuk mencompress gambar tersebut di Google Contohnya seperti TinyIMG atau Loveimage atau yang lainnya.

Bagaimana artikel kali ini mudah bukan bagaimana  Cara Mengatasi Gambar di Balik Layar di Google PageSpeed Insight untuk kamu yang masih bingung, silahkan komen di kolom komentar dibawah artikel ini.
Seorang yang memiliki kepribadian yang menyendiri, tanpa mengenal dunia luar hanya melalui dunia online.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Tampilkan Komentar
    Sembunyikan Komentar

    0 Komentar

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel