Kesalahan Dalam Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense Blog

Jagoandzgn.com - Masalah Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense sampai saat ini masih ramai diperbincangkan di kalangan Blogger Indonesia. Awal mulanya masalah pembatasan iklan AdSense mulai muncul sekitar pertegahan Tahun 2019, waktu itu sebelum ramai diperbincangkan di kalangan Blogger Indonesia sudah terlebih dahulu ramai diperbincangkan di kalangan blogger India dan Pakistan. Sempat ada salah blogger Pakistan yang menanyakan masalah pembatasan iklan kepada saya, mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Namun karena waktu itu masalah pembatasan iklan belum begitu mewabah di kalangan blogger indonesia saya sangat sulit mencari referensi penyebab dan solusi pemecahan masalah tersebut.


Barulah Pada bulan September satu per satu Blogger Indonesia mulai terkena dampak pembatasan iklan. Termasuk saya sendiri tidak lama kemudian juga menyusul terkena masalah pembatasan iklan AdSense. Semenjak itu masalah pembatasan iklan mulai ramai diperbincangkan, dan mulai banyak yang membagikan pemecahan masalah tersebut berdasarkan pengalamannya masing-masing.



Faktor Utama Penyebab terjadinya masalah pembatasan Iklan AdSense sendiri sampai saat ini belum diketahui secara pasti, ada banyak pendapat mengenai Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense dan penyebab terjadinya masalah pembatasan iklan yang menyebabkan penayangan unit iklan dibatasi kadang Iklan muncul dan lebih sering tidak muncul sama sekali. Alhasil pendapatan penghasilan dari Klick Iklan pun menurun drastis hingga 0 rupiah dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Team Google AdSense sendiri juga tidak memberikan informasi yang lebih spesifik mengenai pelanggaran yang mengakibatkan sanksi tersebut. Hanya menyebutkan bahwa adanya indikasi traffic tidak valid atau Invalid Klick saja. Dan intruksi untuk memastikan memahami traffic iklan, pengunjung situs dan larangan untuk tidak mengklik iklan sendiri serta menghindari bekerja sama dengan pihak-pihak yang tidak tepercaya atau memiliki kualitas rendah.

Untuk Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense seperti yang saya sebutkan di atas masing-masing Blogger memiliki pengalaman yang berbeda-beda dari hasil eksperimen masing-masing.

Berikut ini 3 uraian Kesalahan Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense Blog yang kurang tepat menurut pendapat saya secara pribadi, meskipun ada yang menerapkannya berhasil.

1. Mencopot Blog dari Akun AdSense

Menurut saya Cara Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense dengan cara mencopot Blog dari Akun AdSense bukanlah tindakan atau langkah yang tepat. Masalah pembatsaan iklan AdSense tidak bisa diatasi hanya dengan mencopot Blog dari Akun AdSense. Terbukti dengan banyaknya Blogger yang mencoba melakukannya dan pada akhir justru dihadapkan pada masalah baru dimana ketika Add site ulang Blog di Tolak.

Perlu diketahui bahwa Blog yang sudah aproved AdSense tidak menjamin ketika di copot kemudian add kembali akan langsung diterima. Kebanyakan berfikiran dan beranggapan Blog sebelumnya sudah Aproved berarti tidak akan ada masalah jika dicopot dan pasti akan dapat dengan mudah aproved ketika di Add ulang.

Masalahnya banyak blogger yang menurut saya tidak menyadari, bahwasannya selama Blog dimonetisasi dengan AdSense tidak menutup kemungkinan adanya tindakan yang melanggar kebijakan Google yang sifatnya ringan. Seperti menyalin sebagian atau keseluruhan konten blog orang lain, menulis ulang konten orang lain, membuat konten yang mungkin menurut Google kurang bermanfaat, memodifikasi template, dan kesalahan-kesalahan ringan lainya yang tidak fatal akibatnya.

Kesalahan-kesalahan tersebut apabila dilakukan pada waktu Blog masih Aktif AdSense tidak akan berpengaruh dan Blog akan tetap bisa dimonesisasi dengan AdSense. Namun apabila kesalahan tersebut dilakukan disaat blog sudah tidak lagi Aktif sebagai Publisher AdSense maka statusnya akan sama dengan Blog-Blog yang memang belum pernah sama sekali didaftarkan dan harus melalui proses Review Ulang.

2. Mencopot Iklan AdSense yang sudah dipasang di Blog

Mencoput kode iklan AdSense yang sudah dipasang di Blog baik secara manual atau otomatis menurut saya bukanlah tindakan yang tepat yang dapat mengatasi masalah pembatasan iklan AdSense secara langsung. Bahkan tindakan tersebut hanya menyita waktu dan membuat lelah apabila ternyata kode iklan AdSense dipasang secara manual di dalam artikel. Bayangkah saja, bila suatu blog sudah memiliki Artikel dengan jumlah Ribuan dan kode iklan dalam artikel dipasang secara manual, tentu akan membutuhkan waktu berjam-jam bahkan hari untuk mencopot semua kode iklan dalam artikel yang pernah dipasang.

Menurut saya Mencopot Kode Iklan AdSense di Blog hanyalah bertujuan untuk menghindari munculnya area-area kosong tempat dimana iklan AdSense seharusnya ditampilkan. Berhubung terkena pembatasan maka area-area penempatan Iklan AdSense akan menjadi Blank. Dampaknya tampilan Blog akan terlihat kurang rapih dan enak dipadang karena banyaknya area kosong tersebut.

Untuk Blogger yang memasang Iklan dengan kode Otomatis, mungkin tidak akan banyak menyita waktu dan sangatlah mudah untuk mengembalikannya ketika masa pembatasan telah berakhir. Namun untuk Blogger yang memasang iklan secara manual misalnya seperti Iklan dalam artikel pengguna Template AMP yang dipasang secara manual, ketika masa pembatasan sudah berakhir pekerjaan memasang kembali kode iklan akan sangat merepotkan, menyita waktu dan tentunya melelahkan.

3. Menyewa Jasa Oknum Tertentu Untuk Melepas Pembatasan Iklan AdSense

Menyewa jasa oknum terntentu yang menawarkan jasa melepas masalah pembatasan iklan menurut saja itu adalah pemborosan dan merugi meskipun biaya jasa mungkin bagi sebagian orang tidak berat dan bukannya masalah. Namun bagi Blogger pemula dengan keuangan yang pas-pasan tentu dengan menyewa jasa pelepasan pembatsaan iklan akan menambah pengeluaran. Sebenarnya masalah pembatasan iklan bisa sembuh dengan sendirinya, dengan syarat ketika masa pembatasan tidak melakukan tindakan-tindakan yang justru keluar dari prosedur dan melanggar kebijakan Google.

Google sendiri dalam setiap pesan pembatasan menyampaikan bahwa secara otomatis meninjau dan memperbarui masalah pembatasan sambil terus memantau traffic Blog. Itu Artinya jika memang blog tidak terbukti melakukan pelanggaran dan pemilik blog memang benar-benar tidak melakukan pelanggaran seperti Klick Iklan Sendiri atau mempenaruhi dan menyuruh orang lain untuk klick Iklan tidak perlu khawatir akan ada waktunya masalah tersebut berakhir dengan sendirinya.

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Penayangan Iklan AdSense Dibatasi

Berdasarkan pengalaman saya masalah pembatasan iklan AdSense dapat diatasi sendiri secara simple dan tidak perlu sampai melakukan pencopotan situs, mencopot semua kode iklan dan atau menyewa jasa orang lain untuk melepaskan masalah pembatasan iklan. Semua hanya butuh proses dan kesabaran, tidak perlu terlalu panik dan melakukan hal-hal yang justru akan merugikan diri sendiri.

Cukup dengan melakukan aktivitas blogger seperti biasanya, anggap saja masalah ini sebagai bahan intropeksi barang kali ada tindakan-tindakan optimasi blog yang keluar jalur dan berlebihan. Lakukan update Artikel secara rutin dan berkala untuk memperbaiki traffik blog masalah pembatasan iklan akan hilang dengan sendirinya. Saya bisa berbica seperti ini berdasarkan pengalaman saya sendiri setelah Blog saya berbagitutorialonline.com sempat 7 kali mengalami pembatan iklan AdSense secara berturut-turut setiap bulan dan Alhamdulilah masalah pembatasan iklan paling lama hanya sekitar 2 mingguan iklan sudah dapat tayang kembali secara normal kembali.

Demikianlah Uraian Kesalahan Blogger Pemula Dalam Cara Mengatasi Masalah Pembatasan Penayangan Iklan AdSense Blog yang diakibatkan oleh adanya indikasi traffic tidak valid menurut pendapat saya secara pribadi.

Apabila ada yang merasa tidak sepaham dan atau uraian yang saya sampaikan tidak benar/tepat saya secara pribadi mohon maaf sebesar-besarnya. Dan silahkan cantumkan Argumen sebagai informasi tambahan atau sanggahan melalui kolom komentar.

Komentar

  1. Gan gimana caranya biar iklan gak keluar dari postingan, atau melebar. saya pakai tamplate yg sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal ubah aja kode CSS di bagian wrapper nya mas biar gak keluar.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Config Pubg Anti Reset Turnamen Boost

Download Template Kompaz News Premium Blogger Responsive

Cara Membuat Sticky Share Button Blog di Template Viomagz