Pentingnya Memilih Template Untuk Blogger Bagi Pemula

Jagoandzgn.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah edukasi mengenai pentingnya memilih template blog bagi pemula. Pastinya kamu tidak asing lagi dengan kata blogger ini, ya blogger adalah platfrom khusus blogging yang dimiliki oleh perusahaan Google sejak tahun 2003. Awal mulanya layanan ini diciptakan oleh Pyra Labs tahun 1999. Namun, perusahaannya diakuisi oleh Google.


Kian bertambahnya perkembangan dunia teknologi, aktifitas blogging semakin disukai orang-orang, khususnya masyarakat Indonesia. Diawal tahun 2010 dan seterusnya, blogging menjadi aktifitas yang semakin populer, banyak masyarakat yang memanfaatkan HP nya untuk mulai ngeblog.

Layanan MyWapBlog (MWB), yang menawarkan kemudahan untuk ngeblog di HP semakin banyak penggunanya, terlebih dari Indonesia, padahal flatform itu dibuat oleh orang India bernama Arvind Gupta.

Tahun berganti tahun, hingga tahun 2020 ini blogging masih tetap digemari, meskipun youtuber (layanan flatform video) kian naik daun.

Pentingnya Memilih Template Untuk Blogger Bagi Pemula

Bicara tentang blog, maka tidak akan bisa lepas dari yang namanya template, suatu kumpulan kode HTML yang disimpan dalam bentuk XML, yang berfungsi sebagai pondasi-pondasi suatu desain blog.

Beraneka ragam bentuk, susunan, warna, dan elemen-elemen lainnya dari template ini. Ada yang tersedia secara gratis dari layanan bloggernya, dan ada pula pembuat template yang menawarkan templatenya baik secara berbayar maupun gratis.

Sekarang kita masuk ke pertanyaan besar diawal, "Apa pentingnya memilih template?"

Seperti penjelasan diatas, template itu bicara desain blog. Bila dahulu kita sangat suka memasang segala widget untuk "memperindah" blog kita, maka sekarang hal tersebut sudah tidak berlaku lagi.

1. NGEBLOG HANYA UNTUK HOBI

Tidak sedikit orang yang membuat blog hanya untuk menyalurkan perasaan maupun karyanya dalam bentuk tulisan. Bisa itu puisi, cerpen, ataupun resep masakannya.
Mereka hanya ingin blog mereka "indah dipandang", tidak peduli unsur lainnya.
Mau di lihat orang lain ataupun tidak, mereka tidak terlalu mempermasalahkannya.

2. NGEBLOG SECARA PROFESIONAL

Disini tujuan untuk ngeblog adalah agar apa yang ditulisnya, dibuatnya, diciptakannya, dapat dilihat oleh orang banyak. Intinya publikasi ke publik, agar dilihat orang sebanyak-banyaknya.

Jika anda berada di bagian ini, hal memilih template itu menjadi PENTING.
Jika salah pilih, blog anda akan jarang dikunjungi orang lain.

Mengapa hal tersebut penting? Berikut 5 alasannya.

A. Mudah Dibaca

Pernahkah anda membuka blog yang tulisannya kecil sekali sehingga mata kita pun sakit membacanya, pastilah kita cepat-cepat menutup blog tersebut.

Pernahkah anda membuka blog yang warna tulisannya itu senada dengan warna latarnya? Font color nya hitam, backgroundnya biru gelap, Atau pernahkah anda membuka blog, yang ketika dibuka, desainnya berantakan, padahal ketika dibuka dari laptop tampilannya bagus, tiba buka dari HP tampilannya kacau balau.

Disinilah pentingnya template yang mendukung Mobile Friendly. Mudah dibaca. Jika tidak, calon pembaca blog anda sudah pergi duluan.

B. Cepat Diakses

Ngeblog pakai blogger itu server hostingnya disediakan langsung oleh blogger. Artinya kecepatan servernya itu rata-rata sama.
Lalu mengapa ada blog yang cepat ketika diakses, namun ada yang begitu lambat untuk dibuka?

Jawabannya karena template. Sebuah template yang tidak mendukung Fast Loading pastilah membuat pengunjung enggan berlama-lama di blog anda. Buka halaman lain loadingnya lama, mending baca di blog lain.

C. Tampil di Mesin Pencari

Jika anda membuat blog yang ingin mendatangkan pengunjung dari mesin pencari seperti google, bing, duckduckgo, dan sejenisnya, maka template harus mendukung SEO Friendly.
Jika tidak, blog anda akan sulit diindeks oleh bot mesin pencari tersebut.

Dan fakta menariknya adalah, 3 poin diatas itu saling berkaitan.

Masih mau asal-asal memilih template?

Nah, agar artikel ini punya penyelesaian, ada baiknya dibahas juga template-template yang bagus digunakan.

Template itu bisa dibagi 2,
  • Berbayar (untuk memakainya, kita harus mengelurkan sejumlah uang)
  • Gratisan (tinggal pakai, tidak perlu bayar)

Perbedaannya apa?
Tentu saja template blogger yang premium punya fitur yang lebih lengkap, adanya support, dan masih banyak lainnya.

Kalau begitu, apakah memakai template gratisan itu tidak direkomendasikan?
Template gratis juga bagus digunakan, ada banyak pembuat template yang membuat templatenya dengan sebaik mungkin meskipun gratis. Contohnya Mbak Igniel yang membuat template textrim.

Untuk mendapatkan template gratis juga mudah, tinggal buka google, dan cari dengan kata kunci template blogger gratis. Ada banyak sekali pilihan. Jika bingung, bacalah artikel-artikel yang sudah mereview template tersebut.

Mudah bukan?

Semoga penjelasan ini bisa membuka pikiran anda agar tidak asal-asalan dalam memilih template, terkhusus untuk anda yang ingin mengelola blog secara profesional.
Terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Config Pubg Anti Reset Turnamen Boost

Download Template Kompaz News Premium Blogger Responsive

Cara Membuat Sticky Share Button Blog di Template Viomagz