Aplikasi Meeting Online

3 min read

Apa sajakah Aplikasi Meeting Online? Maraknya wabah virus korona di Indonesia. Akhirnya, pemerintah meminta semua pekerja dan perusahaan untuk mengimplementasikan WFH, alias bekerja dari rumah. Ini bertujuan untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19.

Kebijakan Work From Home (WFH) ini dilakukan selama 14 hari. Tentu saja, agar semuanya berjalan lancar, beberapa orang menggunakan aplikasi untuk rapat dari rumah melalui smartphone.

Berbagai aplikasi rapat online dapat kita unduh di platform smartphone populer Android dan iOS. Ini adalah aplikasi untuk rapat dari rumah melalui smartphone yang telah dirangkum.

Aplikasi Meeting Online

Aplikasi Meeting Online untuk Android, Laptop atau Komputer

1. Aplikasi Meeting Online Zoom

Zoom merupakan salah satu aplikasi video/ meeting paling populer untuk keperluan bisnis. Aplikasi yang kaya akan fitur dengan beragam paket tergantung ukuran serta kebutuhan bisnis.

Harga mulai dari gratis untuk meeting pribadi, dasar sampai $ 19,99 / Host / bulan dengan minimal 100 host pada perusahaan skala besar.

Fitur untuk paket tingkat perusahaan mencakup hingga 200 peserta rapat, penyimpanan cloud tanpa batas, email khusus, URL rapat, dan banyak lagi lainnya.

2. Aplikasi Meeting Online Google Hangouts

Aplikasi Meeting Online Google Hangouts

Peluncuran Google ke pasar konferensi video adalah bagian dari layanan Google Hangouts.

Google Hangouts merupakan layanan pengguna unutk perorangan, tidak banyak fitur layaknya perusahaan atau layanan komersial siap pakai lainnya.

Namun, untuk bisnis yang lebih kecil atau mereka yang menggunakan G-Suite sepenuhnya selama operasi mereka.

Hangouts dapat menjadi alat yang efektif untuk komunikasi video. Biayanya cukup ringan, sesuai dengan langganan G-Suite tim Anda yang dimulai dari $ 6 per bulan per pengguna.

3. WhatsApp

WhatsApp dapat menjadi salah satu aplikasi yang membantu dalam mendukung pertemuan dari rumah. Ini bisa menjadi alat rapat online, karena beragam fiturnya.

Bahkan, WhatsApp adalah aplikasi panggilan video terbaik yang sangat populer hingga saat ini. Namun, tetapi ada batasan fitur.

Dan bagi Anda yang ingin memiliki lebih banyak fitur daripada yang asli, Anda dapat menggunakan mod WhatsApp.

4. Aplikasi Meeting Online Facetime

Penggemar Apple tentu tidak asing dengan aplikasi ini. Facetime adalah aplikasi panggilan video untuk produk ekosistem Apple seperti iPhone, iPad dan Pod Touch.

Aplikasi ini dapat menampung hingga 32 pengguna dalam satu panggilan video.

5. Skype for Business

Layanan Skype populer Microsoft ditambahkan sebagai alat konferensi video yang siap untuk perusahaan.

Ini mempunyai beberapa kelebihan bisnis, scontohnya memungkinkan sampai 250 orang peserta pada rapat serta koneksi pada pengguna Skype yang lainnya dan kemampuan papan tulis virtual.

Tetapi ada beberapa batasan, seperti kurangnya fitur meeting audio dial-in yang tersambung, serta kurangnya suport perangkat keras dan hanya paket online. Biaya pengguna mulai dari $ 2 per pengguna per bulan.

6. BlueJeans

BlueJeans adalah aplikasi konferensi web berfitur lengkap yang terintegrasi dengan alat kolaborasi.

Uji pendekatan yang sederhana dan modern, berbeda dengan beberapa layanan yang lebih kompleks yang ditawarkan oleh pesaing Bluejeans menggunakan sistem pertemuan, ruang dan acara untuk memungkinkan pertemuan video di mana saja.

Tidak dibutuhkan aplikasi atau software dengan spesifikasi untuk meluncurkan rapat dari browser.

Selain itu, layanan ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah melihat semua kegiatan konferensi video di organisasi Anda. Paket mulai dari $ 16,65 / bulan / host untuk tim perusahaan.

7. Google Meet

Diciptakan untuk pelanggan korporat, Google Meet adalah versi upgrade dari Google Hangouts.

Google Meet dirancang di sekitar pertemuan video terjadwal di antara anggota tim, dengan fitur yang sama seperti Zoom dengan pemesanan ruang konferensi, sinkronisasi kalender, serta antarmuka pengguna yang jauh lebih halus.

8. GoToMeeting

GoToMeeting memiliki beragam fitur penting, termasuk penjadwalan rapat atau rapat instan, layanan transkripsi rapat, dan pemesanan rapat dalam aplikasi di antara para peserta.

Harga GoToMeeting mulai dari $ 14 / bulan untuk grup hingga 10 peserta rapat dan biaya $ 29 / bulan untuk grup yang lebih besar dari 150 peserta.

9. Cisco WebEx

Layanan standar industri, terutama bagi mereka yang memiliki anggota tim atau perusahaan besar atau besar.

Layanan konferensi video Cisco WebExc beroperasi seperti kombinasi layanan konferensi web dan panggilan suara.

Ini karena dimungkinkan untuk bergabung dalam pertemuan online atau melalui telepon, tergantung pada lokasi dan kemampuan peserta pada saat itu. Harga mulai dari $ 13,50 / host / bulan.

10. Aplikasi Meeting Online Slack

Alat meeting yang terbilang populer dipakai pada organisasi di seluruh negara, Slack mempunyai fitur pertemuan video yang terintegrasi.

Jika organisasi Anda tidak memakai Slack, menggunakan aplikasi lain untuk meeting video mungkin tidak akan masuk akal.

Meeting video seperti fungsi Slack tambahan dan dapat menjadi alat yang hebat untuk mengintegrasikan tim hibrid. Obrolan video satu lawan satu adalah bagian dari penawaran akun Slack gratis.

Tetapi untuk pertemuan yang lebih besar, harga perusahaan yang disesuaikan diperlukan yang membutuhkan penawaran yang dapat disesuaikan.

11. Appear.in

Layanan obrolan video ini sangat ideal untuk organisasi kecil yang mau menghubungkan anggota tim dengan metode yang sederhana.

Ini fitur layanan cepat karena sifatnya yang ramping. Appear.in memiliki fitur anonim, yang mungkin tidak penting bagi perusahaan.

Tapi tetap patut diperhatikan. Appear.in mulai gratis, tetapi tim akan ingin membayar $ 99,99 / bulan yang memungkinkan hingga 150 pengguna.

12. Jitsi Meet

Selanjutnya, ada platform sumber terbuka yang disebut Jitsi Meet untuk melakukan konferensi video dengan mudah hanya dengan mengakses situs web resmi https://jitsi.org/jitsi-meet/.

Jitsi Meet juga tersedia berdasarkan aplikasi di Android dan iOS. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik dan mampu menampung sebanyak 75 peserta rapat online.

13. Google Duo

Google Duo hanya dapat mengundang peserta kecil, hingga 12 pengguna saja. Aplikasi panggilan video ini tersedia untuk beberapa jenis perangkat, termasuk Android, iOS, tablet, dan Situs web.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai 13 Aplikasi Meeting Online untuk Android, Laptop / PC, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.