Cara Mengatasi Force Close

4 min read

Bagaimana Cara Mengatasi Force Close? Saat ini hampir semua smartphone berbasis sistem operasi Android memang memiliki kualitas tinggi untuk mengunduh dan menginstal berbagai aplikasi dan aplikasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

seperti mengunduh dan memainkan game RPG online di Android, panduan jalan aplikasi seperti Google Maps, aplikasi penghemat baterai, dan banyak lagi.

Selain memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi yang mereka butuhkan, aplikasi ini secara umum juga dapat menambah pengalaman pengguna dalam memaksimalkan fitur dan spesifikasi di telepon Smartphone.

Namun, dengan semakin banyak aplikasi yang diinstal pada perangkat Android, umumnya aplikasi ini juga dapat mengalami masalah misalnya: aplikasi android dihentikan tiba-tiba atau lebih dikenal sebagai force close.

mungkin Anda pernah mengalami masalah aplikasi sering berhenti di Android itu sendiri ketika Anda bermain game. Inilah cara mengatasi kekuatan tutup yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Force Close

Cara Mengatasi Force Close di Android Penyebabnya Secara Lengkap

1. Mulai ulang perangkat Android

Biasanya aplikasi yang melakukan kesalahan terus-menerus berarti bahwa Android tidak merespons masalah Anda, aplikasi yang memiliki kesalahan akan sulit dibuka dan memaksa penutupan mungkin terjadi.

Cara mengatasinya adalah memulai ulang perangkat Android Anda, itu akan menyegarkan aplikasi kesalahan sehingga masalah dengan aplikasi akan diselesaikan.

2. Bersihkan cache pada aplikasi

Kami sudah memberi tahu Anda bahwa cache dapat menyebabkan RAM penuh, RAM berisi data aplikasi yang sering Anda gunakan sehingga aplikasi akan berjalan cepat.

Anda harus membersihkan cache setiap bulan atau setiap minggu untuk meminimalkan kapasitas RAM, dan RAM akan bekerja dengan lancar. Ada 3 cara untuk menghapus cache aplikasi di Android

  • Melalui penyimpanan
    buka pengaturan> penyimpanan> data yang disimpan> hapus.
  • Melalui aplikasi
    buka pengaturan> aplikasi> pilih aplikasi> hapus cache.
  • Menggunakan pembersih
    ada beberapa aplikasi pembersih di PlayStore termasuk: Junk Cleaner, Easy Clean, Clean Master.

3. Periksa koneksi internet android

hampir setiap orang memiliki aplikasi yang membutuhkan aplikasi internet atau online seperti game online, facebook, youtube dan banyak lagi.

Banyak yang bertanya mengapa aplikasi online dapat ditutup paksa, meskipun internet berjalan dengan lancar.

Mungkin ada masalah dengan koneksi internet Anda, Anda harus memeriksa bahwa tidak akan ada kekuatan tutup lagi.

Mungkin itu terjadi karena gangguan jaringan, masalah dengan layanan lokasi, harap aktifkan layanan lokasi sebelum membuka aplikasi online untuk mencegah penutupan paksa.

Cara mengaktifkan pengaturan> lokasi> kemudian mengaktifkan.

4. Hentikan aplikasi di latar belakang

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang Anda jalankan. Jika ada banyak aplikasi di latar belakang itu akan menyebabkan RAM penuh dan menyebabkan kekuatan ditutup pada setiap aplikasi.

RAM adalah aspek penting dari Android, jadi bersihkan RAM setiap saat untuk mencegah kinerja Android yang lambat. Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih seperti: clean master untuk membersihkan RAM.

5. Lakukan perintah penghentian paksa pada aplikasi

Force stop adalah cara paling efektif untuk mengatasi aplikasi yang sering ditutup paksa. Cara melakukan perintah tutup paksa pada aplikasi: pengaturan> aplikasi> pilih aplikasi> tekan paksa berhenti atau paksa berhenti.

Setelah itu coba buka aplikasi jika masih ada kekuatan tutup atau tidak, atau Anda bisa memulai ulang Android Anda untuk hasil yang maksimal.

6. Instal ulang aplikasi

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menginstal ulang aplikasi paksa tutup, ini akan meminimalkan aplikasi sehingga berfungsi lagi di Android.

Jika aplikasi ditutup paksa, aplikasi bajakan harus diinstal ulang untuk mengatasinya.

Cara uninstall aplikasi pengaturan> aplikasi> pilih aplikasi> uninstall, maka Anda dapat mengunduh ulang atau langsung menginstal aplikasi.

7. Bersihkan data aplikasi

Salah satu alasan mengapa aplikasi sering tutup paksa (FC) adalah adanya data yang rusak atau hilang, solusinya adalah menghapus data aplikasi untuk memulai kembali aplikasi dari awal sehingga membentuk data baru.

Cara menghapus data aplikasi Pengaturan> aplikasi> pilih aplikasi> hapus data.

Sebelum menghapus data, Anda harus mengingat akun dalam aplikasi karena setelah menghapus data Anda harus masuk kembali ke dalam aplikasi.

Jika Anda malas melakukan metode di atas dengan menghapus data aplikasi satu per satu, Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih di PlayStore.

8. Pembaruan sistem Android

Jika Anda masih menggunakan versi android yang lama, perbarui ke versi terbaru untuk meningkatkan kinerja sistem android.

Karena sebagian besar aplikasi hanya bekerja di Android 4.4 (KitKat) dan di atasnya. Cara melakukan pembaruan android: pengaturan> tentang perangkat> memperbarui perangkat lunak.

Untuk Android versi 4.4 (kitkat) dan di atasnya, runtime alternatif dapat digunakan, yaitu ART (Android RunTime).

ART berfungsi untuk mempercepat kinerja aplikasi sehingga lebih bebas menggunakan aplikasi, tetapi tidak semua aplikasi mendukung alternatif ini.

ART berguna untuk memeriksa kecepatan aplikasi, Anda dapat mengubahnya ke Dalvik untuk kinerja yang lebih bebas.

Cara mengaktifkan ART, Anda dapat pergi ke pengaturan> opsi pengembang (jika ada)> pilih runtime> dalvik.

Jika tidak ada menu pilihan pengembang Anda dapat mengaktifkannya ke pengaturan> tentang perangkat> nomor push-build.

9. Pembaruan aplikasi

Pembaruan aplikasi

Jika Anda telah menggunakan aplikasi untuk waktu yang lama, Anda harus memeriksa pembaruan aplikasi, kemudian memperbarui ke versi terbaru untuk menyelesaikan penutupan paksa.

Cara memeriksa pembaruan aplikasi: playstore> aplikasi anda, Anda dapat memeriksa apakah ada pembaruan terbaru atau tidak.

Ada juga beberapa aplikasi yang memperbarui, tetapi seringkali ada bug atau masalah dalam aplikasi yang membuat pengguna tidak nyaman.

Anda harus memeriksa komentar pada pengguna aplikasi sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana mereka merespons tentang aplikasi tersebut.

10. Reset Pabrik Android

Jika Anda ingin menggunakan metode ini, maka Anda harus membuat cadangan data penting di Android karena pengaturan ulang pabrik akan menghapus semua data di Android.

Jika di Android ada banyak aplikasi yang ketika digunakan paksa tutup, maka metode ini disarankan karena factory reset akan membuat memori internal kembali segar dan kinerja android lebih lancar.

Bagaimana cara melakukan reset pabrik Buka pengaturan> cadangan> atur ulang data pribadi> atur ulang.

Penyebab aplikasi paksa tutup di Android

  • Data aplikasi yang rusak atau hilang seperti data sementara, cache, data game, dan lainnya.
  • RAM penuh, RAM memainkan peran penting dalam kinerja aplikasi agar aplikasi tetap berjalan sehingga jika RAM penuh aplikasi tidak dapat berjalan dengan lancar dan bahkan penutupan paksa dapat terjadi pada aplikasi.
  • file cache yang menumpuk, cache adalah data tambahan pada aplikasi yang sering Anda gunakan jika cache jarang dibersihkan maka akan menghambat kerja RAM dan memaksa dekat dengan aplikasi yang digunakan.
  • Aplikasi yang masih dalam versi beta, atau aplikasi yang diunduh di luar Play Store dan merupakan aplikasi bajakan, aplikasi ini tidak mendukung kinerja Android.
  • koneksi internet terputus, aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti game online, media sosial.
  • Versi Android sudah tua, Android versi Froyo 2.2 atau Gingerbread 2.3 tidak akan mendukung keluaran aplikasi saat ini.
  • Android telah di-root, Android yang berada dalam mode root biasanya tidak akan bekerja secara optimal, ketidakstabilan sistem sehingga mengganggu kinerja Android.
  • Perangkat keras Android rusak, periksa dulu mungkin ada kerusakan pada mesin Android yang membuat aplikasi paksa tutup seperti sensor rusak atau koneksi internet.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Mengatasi Force Close di Android & Penyebabnya Secara Lengkap, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.