Cara Menghapus Ransomware

3 min read

Bagaimana Cara Menghapus Ransomware? Baru-baru ini kita semua tahu bahwa dunia digital sedang diaduk oleh serangan virus cryptolocker WannaCry Ransomware atau juga dikenal sebagai WNCR, WannaCryptor, Wanna Decryptor, WannaCrypt dan WCry.

Ribuan komputer di seluruh dunia adalah target acak yang dilakukan oleh penyerang untuk mendapatkan keuntungan. Bahkan salah satu agensi di Indonesia menjadi korban virus WannaCry Ransomware ini.

Apa itu Ransomware?

Cara Menghapus Ransomware dan Cara Mencegah Agar Tidak Terserang

Ransomware adalah malware atau perangkat lunak jahat yang bertujuan memblokir data korban sehingga korban dipaksa untuk membayar uang tebusan.

Beberapa waktu lalu, ransomware Wannacry telah mengejutkan dunia karena berhasil menginfeksi berbagai perusahaan di dunia dan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit.

Cara menghapus Ransomware

Cara Mencegah Ransomware

1. Hapus dengan Antivirus

Antivirus adalah perangkat lunak pertama yang menjadi solusi untuk menangani berbagai virus, termasuk Ransomware.

Nah, jika Anda mendapatkan Ransomware, Anda dapat mencoba menghapusnya dengan antivirus. Untuk antivirus itu sendiri, Anda dapat mencoba dulu antivirus yang ada di laptop Anda.

Namun, biasanya antivirus tidak akan dapat menghapus Ransomware. Yah, banyak yang merekomendasikan menggunakan antivirus ESET.

Jadi, ketika Ransomware pertama kali muncul, antivirus ini diklaim mampu mengatasi Ransomware.

Untuk mengunduh antivirus ESET, Anda dapat langsung mengunjungi situs web resmi. Antivirus ini sebenarnya berbayar, tetapi Anda dapat menggunakan versi uji coba selama 30 hari.

2. Instal Windows

Nah, jika metode ini tidak dilakukan sejak lama. Laptop anda terserang Ransomware, hampir seluruh ekstensi file diubah menjadi ekstensi .derp.

Karena pasti anda tidak mau repot, maka kami langsung saja memberitahunya bahwa cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan menginstal Windows.

Metode ini memang sangat kuat. Namun, Anda harus rela jika semua file di laptop hilang karena apa yang akan Anda lakukan adalah menginstal ulang dengan menghapus semua partisi hard drive.

Jika Anda yakin ingin melakukan ini, baca cara menginstal Windows 10 lengkap dengan gambar. Pada artikel ini Anda akan dipandu tentang cara menginstal Windows 10 hingga selesai.

Mengapa kami merekomendasikan menggunakan Windows 10? Alasannya adalah untuk terus mendapatkan pembaruan dari Microsoft. Masalahnya, saat ini Windows 7 tidak lagi memiliki dukungan.

3. Hapus melalui Safe Mode

Safe Mode adalah salah satu fitur bawaan Windows yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah. Ketika Windows dalam Safe Mode, hanya beberapa fitur yang diaktifkan (yang dapat dikatakan terbatas).

Nah, fitur ini juga sering digunakan untuk menghilangkan berbagai virus. Untuk Ransomware sendiri, dapat diatasi dengan cara ini atau tidak, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jadi, Anda hanya perlu menghentikan semua proses mencurigakan di Task Manager. Caranya, silakan masuk ke Task Manager (tekan Ctrl + Alt + Del) lalu pilih proses yang mencurigakan dan tekan End Task.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Editor Registri. Caranya, masuk dengan menekan Windows + R kemudian ketik Regedit dan tekan Enter.

Setelah itu, cari file yang mengatakan Crypt dan WannaCry kemudian hapus. Jika demikian, silakan restart laptop. Anda akan secara otomatis masuk ke mode Windows secara normal.

4. Dekripsi Virus

Biasanya, di folder tempat file dipengaruhi oleh virus, ada satu file dengan format. Txt yang berisi pesan. Inti dari pesan ini adalah bahwa pengguna harus membeli Rryomware decryptor sehingga file dapat dipulihkan.

Yah, mungkin ini adalah salah satu bisnis yang dijalankan oleh orang jahat. Maka, pengguna harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar kunci decryptor ini.

Bila file yang terserang virus merupakan file yang sangat penting, mungkin ini adalah cara terbaik untuk mengembalikan file tersebut.

Masalahnya adalah, sangat jarang cara lain yang berfungsi kecuali decryptor dengan decryptor Ransomware.

Nah, itu tadi beragam cara yang dapat Anda pakai atau terapkan untuk menghilangkan atau mengatasi virus Ransomware. Dari beragam cara tadi, cara terakhir adalah cara paling efektif untuk mengembalikan file Anda.

Namun, jika file pada laptop tidak terlalu penting, maka lebih baik menggunakan cara ketiga, yaitu menginstal ulang Windows dengan menghapus semua partisi hard drive.

Cara Mencegah Ransomware

Jika komputer Anda masih aman dari serangan ransomware, bersyukurlah bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk memblokir serangan virus ini. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk mencegah ransomware.

1. Jangan mengklik tautan unduhan / unduhan file yang mencurigakan dalam surel

Ketika Anda menerima email dari pengirim yang tidak jelas dan disertai dengan lampiran atau tautan yang tidak Anda kenal, ada baiknya Anda tidak mengunduh / mengklik email tersebut.

Periksa alamat email pengirim, jika dari seseorang yang sudah Anda kenal, Anda bisa mengonfirmasi dulu.

Jika Anda tidak mengenali alamat pengirim, Anda lebih baik mengabaikan file atau tautan yang terkandung dalam email.

2. Menonaktifkan SMB 1.0 pada sistem

Microsoft merekomendasikan agar pengguna Windows menonaktifkan SMB 1.0, yang merupakan pintu gerbang ke ransomware untuk menyerang komputer pengguna mereka.

Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda dapat masuk ke Panel Kontrol Windows. Berikut ini adalah panduan untuk menonaktifkan SMB 1.0.

  • Buka Panel Kontrol
  • Pilih Program
  • Pilih Program & Fitur
  • Pilih Hidupkan atau Matikan Fitur Windows
  • Hapus centang Dukungan SMB 1.0 / CIFS File Sharing
  • Mulai ulang PC / Laptop

3. Lakukan pembaruan sistem atau perangkat lunak secara teratur

Pembaruan sistem atau perangkat lunak adalah cara paling efektif untuk menangkal virus.

Pembaruan yang dibuat oleh pengembang bertujuan untuk menyelesaikan bug dalam perangkat lunak dan meningkatkan keamanan perangkat lunak.

Jika pengembang melakukan pembaruan, itu berarti untuk kenyamanan dan keamanan penggunanya. Untuk itu, perhatikan sistem dan perangkat lunak yang Anda miliki, jika sudah usang, lakukan pembaruan sekarang.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur pembaruan otomatis sehingga Anda tidak perlu memeriksa setiap hari.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Menghapus Ransomware dan Cara Mencegah Agar Tidak Terserang, semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.